Perbedaan Fisik iPhone 7 dan 8 Paling Menonjol

voasumo.com – Perbedaan Fisik iPhone 7 dan 8 – Apakah Anda salah satu orang yang menganggap harga iPhone terbaru, seperti iPhone Xr dan iPhone 11 terlalu mahal? Mungkin Anda bisa mempertimbangkan versi iPhone 7 atau iPhone 8.

Meski sudah lama hadir, namun kedua smartphone ini tetap layak untuk digunakan. Jadi kalau Anda bingung antara iPhone 7 atau iPhone 8 karena hampir mirip. Berikut perbedaan fisik iPhone 7 dan 8 yang bisa menjadi pertimbangan Anda.

Perbedaan Fisik iPhone 7 dan 8

iPhone 7 vs iPhone 8, Apa Perbedaannya? (Update Desember 2020) | BukaReview

Mari bahas sedikit tentang sejarah kedua smartphone ini, iPhone 7 dan iPhone 8 yang sebenarnya sudah dirilis beberapa tahun yang lalu. iPhone 7 dirilis pada tahun 2016, sedangkan iPhone 8 dirilis pada tahun 2017. Karena waktu peluncurannya yang hanya terpaut satu tahun, banyak kesamaan di antara kedua smartphone ini.

Desain Mirip

Dilihat dari depan, kedua smartphone ini hampir tidak bisa dibedakan. Layar iPhone 8 lebih lebar 0,2 inci dari iPhone 7, yang hampir tidak terlihat oleh mata telanjang.

Bingkai atas dan bawah hampir tidak berubah. Bahkan, tombol home yang menjadi ciri khas iPhone selama bertahun-tahun masih dipertahankan. Selain itu, iPhone 8 juga lebih tebal 0,2 mm dan lebih berat 10 gram. Salah satu alasannya adalah material bodi yang berubah dari aluminium menjadi kaca.

Dalam hal pilihan warna, iPhone 7 juga hadir dalam lebih banyak varian yang memberi Anda lebih banyak pilihan warna untuk dipilih.

Chipset: A11 Bionic iPhone 8 lebih cepat

Tentu terdapat hal yang kurang, apabila tidak ada penambahan performa dari iPhone 7 ke iPhone 8. Jika iPhone 7 ditenagai oleh chipset Apple A10 Fusion, iPhone 8 sudah memiliki Apple A11 Bionic sama seperti iPhone X.

Adapun Apple berpendapat bahwa iPhone 8 lebih cepat sampai 70% daripada generasi sebelumnya. Performa grafis juga meningkat sekitar 30%. Untuk multitasking, iPhone 8 bisa 70% lebih cepat. Selain itu, kedua smartphone ini dibekali RAM 2 GB, meski untuk iPhone hal ini tidak akan menjadi masalah.

Layar Mirip

Baik layar iPhone 7 maupun iPhone 8 masih menggunakan layar Retina IPS LCD. Bedanya, iPhone 8 sudah dibekali teknologi True-tone. Berkat teknologi tersebut, iPhone 8 dapat menampilkan keseimbangan warna yang lebih akurat dalam berbagai kondisi pencahayaan.

Selebihnya kurang lebih sama dan tidak banyak perbedaan yang signifikan, baik resolusi layar maupun rasio bodi.

Kamera: iPhone 8 Lebih Baik

Seperti fitur lainnya, kamera iPhone 7 dan iPhone 8 tidak banyak berubah. Keduanya dibekali kamera utama 12MP. Hanya saja, iPhone 8 telah dibekali dengan chipset Apple A11 Bionic untuk membuat pengolahan gambar dan video grafis menjadi lebih sempurna.

IPhone 8 juga telah dilengkapi dengan mode Portrait Lighting baru. Untuk kamera depan HP ini, keduanya dilengkapi dengan kamera 7MP.

Untuk perekaman video, iPhone 7 hanya mampu menghasilkan video berkualitas 720p sedangkan iPhone 8 mampu menghasilkan video berkualitas 1080p. Seperti diketahui, iPhone 8 merupakan iPhone terakhir yang dirilis dengan ukuran layar kurang dari 5 inci.

Fitur: Pengisian daya nirkabel

Penggantian material dari aluminium ke kaca bukan tanpa alasan. Begini caranya iPhone 8 dapat mendukung pengisian daya nirkabel.

Kapasitas baterai iPhone 8 sebenarnya lebih rendah dari iPhone 7, hanya saja pengoptimalan prosesor yang membuatnya bertahan lebih lama. Fitur ini tidak dimiliki iPhone 7. Sebaliknya, iPhone 8 sedikit lebih berat dari saudaranya. Speaker iPhone 8 juga meningkatkan volume sebesar 25%.

Kedua smartphone tersebut masih dilengkapi dengan Touch ID, serta sertifikasi IP67 yang menunjukkan ketahanan terhadap air dan debu.

Kesimpulan

Mungkin menurut Anda iPhone 8 pantas disebut iPhone 7S sama seperti seri iPhone 6. Pasalnya, tidak banyak pembaruan yang dilakukan oleh Apple.

IPhone 8 sendiri sedikit tenggelam setelah iPhone X dirilis. Namun bukan berarti smartphone ini tidak layak untuk dibeli saat ini.

Leave a Comment