Kenapa Indihome Sering Gangguan – Penyebab dan Jenis Gangguannya

voasumo.com – Kenapa Indihome Sering Gangguan – Kehadiran layanan internet di rumah sangat membantu mereka yang membutuhkan akses internet cepat. Salah satu penyedia layanan internet rumah yang paling populer adalah Indihome. Tentunya bukan tanpa alasan, dari segi koneksi dan jangkauan internet, Indihome bisa dibilang lebih unggul dari kompetitor.

Ketika berbicara tentang koneksi internet, baik koneksi internet rumah maupun koneksi internet data paket, keduanya terkadang sering terputus. Jaringan lambat atau bahkan tidak aktif sudah menjadi hal yang biasa. 

Seperti yang Anda ketahui dan mungkin juga Anda rasakan, saat ini sepertinya koneksi internet sudah menjadi kebutuhan penting bagi semua orang. Tidak terlalu mengherankan, karena berkat internet, kini bisa melakukan berbagai aktivitas dengan lebih mudah dan praktis. Oleh karena itu, ketika koneksi internet IndiHome terputus, situasi ini juga akan mempengaruhi aktivitas pengguna yang juga akan terhambat. 

Kenapa Indihome Sering Gangguan

Di bawah ini adalah beberapa penyebab alasan indihome sering mengalami gangguan.

Pemeliharaan Internet

IndiHome Siap Jaga Momentum Positif di Era Pasca Pandemi

Alasan nomor satu IndiHome Internet crash karena lagi memperbaiki atau merawat jaringan. Tentu Anda tidak ingin mengeluarkan uang dalam jumlah besar setiap bulannya. Sehingga perusahaan telekomunikasi seperti indihome melakukan perawatan jaringan untuk mengatasi masalah tersebut.

Modem Bermasalah

Cara Mengatasi Internet Indihome Mati Atau Lambat - Kopi Cola

Penyebab selanjutnya adalah rusaknya kabel fiber optic atau modem yang terpasang di dalam rumah. Namun, untuk memastikan bahwa gangguan tersebut disebabkan oleh modem, Anda dapat terlebih dahulu memeriksa LED yang biasanya ada di perangkat.

Limit FUP IndiHome Terlampaui

√ Batas FUP Indihome & Cara Mengetahui Sisanya 2023

Melebihi limit FUP IndiHome bisa menjadi penyebab koneksi internet Anda down di pertengahan atau akhir bulan. FUP adalah singkatan dari Fair Use Policy, yang berarti kebijakan yang membatasi penggunaan normal untuk penggunaan layanan Internet.

IndiHome tidak hanya memberlakukan batasan 1 FUP di sebagian besar paket layanan, tetapi juga menerapkan 2 FUP sekaligus untuk setiap paket kecepatan kecuali paket kecepatan 100Mbps. Artinya, kecepatan internet Anda bisa turun hingga 2x lipat jika melebihi batas FUP untuk paket Indihome terbaru yang kedua. Tingkat penurunan akan diatur ulang bulan depan.

Faktur yang Belum Dibayar

Cara Cek Tagihan IndiHome Telkom Speedy - Cermati.com

Apabila Anda sendiri tidak membayar tagihan IndiHome. Maka, keadaan ini juga merupakan kondisi yang sering menimbulkan masalah jaringan WiFi tanpa sepengetahuan pengguna.

Meskipun penyedia layanan sering menetapkan tenggat waktu untuk membayar tagihan, melebihi tenggat waktu dapat membahayakan internet Anda. Oleh karena itu, Anda harus rutin mengecek aplikasi myIndiHome untuk mengetahui update tagihan bulanan.

Jenis Gangguan Indihome

LED PON Merah

LED PON pertama berwarna merah. Pada router terdapat beberapa lampu indikator salah satunya indikator PON ini. Jika indikator PON berwarna merah, artinya Wifi Indihome tidak bisa terhubung ke internet, tidak bisa share printer, Smart TV tidak bisa terhubung ke Wifi walaupun STB dalam keadaan normal.

Lampu LOS Merah

Selain lampu PON, ada juga lampu LOS. Lampu ini akan berwarna merah jika terjadi gangguan Indihome. Jika hal ini terjadi, biasanya karena jalur fiber optic yang terjepit, modem yang rusak, atau masalah komponen lainnya. Di sini Anda bisa langsung menghubungi teknisi Indihome untuk memperbaikinya.

Terhubung ke Wifi Tetapi Tidak Ada Internet

Nah untuk jenis gangguan ini indihome biasanya konek ke wifi tapi tidak ada internet. Jadi jika anda mengalami masalah gangguan seperti ini, anda bisa mencoba mengatasinya dengan solusi di bawah ini.

  1. Memperbarui sistem operasi pada smartphone
  2. Sesuaikan jarak antara perangkat dan router Indihome
  3. Blokir pengguna Wifi yang tidak dikenal melalui Administrator Wifi.
  4. Kemudian setel ulang kapasitas perangkat yang terhubung dan ubah kata sandi
  5. Tunggu jaringan Indihome Wifi berfungsi normal kembali

Pengurangan Kecepatan Hingga 70%

Beberapa pelanggan juga melaporkan masalah pada Indihome, hal ini disebabkan penurunan kecepatan hingga 70%. Masalah ini terjadi karena FUP Indihome dari plan yang digunakan sudah mencapai batas maksimal. Jadi perlu diketahui bahwa paket Indihome Wifi menerapkan sistem FUP atau batas pemakaian yang wajar per bulan.

Jika kurang dari 1 bulan telah berlalu, batas FUP telah mencapai maksimum. kecepatan koneksi internet pasti akan turun hingga 75%. Jika Anda menggunakan paket Indihome 30 Mbps dengan FUP 500 GB, jika FUP mencapai maksimum dalam sebulan, internet yang diberikan hanya 25% dari 30 Mbps atau sekitar 7,5 Mbps.  

Di atas adalah beberapa penyebab alasan indihome sering mengalami gangguan dan penyebab gangguan tersebut. Dengan membaca informasi tersebut, Anda tidak perlu panik tatkala tiba-tiba mengalami jaringan indihome bermasalah.

Leave a Comment