Cara Root J5 Prime, Mudah dengan PC dan Tanpa PC

voasumo.com – Cara Root J5 Prime – Samsung Galaxy J5 Prime merupakan salah satu smartphone flagship dari Samsung. Menampilkan layar sentuh Super AMOLED 5,0 inci, perangkat ini juga ditenagai oleh prosesor quad-core 1,4GHz. RAM 2GB menggunakan sistem operasi Android V 6.0.1 Marshmallow. Nah, untuk mendapatkan beberapa sistem lainnya dari ponsel ini, maka diperlukan rooting J5 Prime.

Cara root J5 Prime

Jual Samsung Galaxy J5 Prime Smartphone - White Gold [16GB/2GB] Garansi Resmi di Seller Cyber Source - Petojo Utara, Kota Jakarta Pusat | Blibli

Dengan memiliki akses root Anda dapat menghapus aplikasi sistem atau memuat perangkat lunak dan meningkatkan kinerja. Selain itu, Anda juga dapat mengubah tampilan atau antarmuka pengguna sesuai keinginan dan dapat menginstal ROM kustom dan tentu saja lebih banyak lagi. Nah, di bawah ini adalah berbagai cara yang dapat dilakukan untuk rooting.

Cara root J5 Prime dengan PC

Siapkan perangkat keras yang diperlukan untuk root Samsung Galaxy J5 Prime 
  1. Download Samsung USB driver kemudian install di PC/Laptop anda
  2. Download Odin3 v3.12.5 lalu ekstrak di PC/Laptop
  3. Unduh CF-AutoRoot J5 Prime SM-G570Y

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan kabel USB dan kapasitas baterai Samsung Galaxy J5 Prime SM-G570Y di atas 50%. Jika Anda telah sepenuhnya mempersiapkan hal di atas, Anda dapat melanjutkan dengan Panduan Root Samsung Galaxy J5 Prime dengan PC di bawah ini.

Aktifkan Buka Kunci OEM

Untuk OEM Unlock atau Enable OEM Unlock, Anda harus mengaktifkan Developer Mode atau Developer Options terlebih dahulu. Cara mengaktifkan OEM Unlock Samsung Galaxy J5 Prime SM-G570Y adalah sebagai berikut.

  1. Buka “Pengaturan”> “Tentang ponsel”.
  2. Kemudian tap atau ketuk “Build number” sebanyak tujuh kali hingga muncul pesan kecil bertuliskan Developer Options is active.
  3. buka kembali pengaturannya, lalu scroll ke bawah hingga ke menu opsi pengembang.
  4. buka Developer Options kemudian cari opsi OEM Unlock kemudian aktifkan.
  5. Selanjutnya, cari juga USB Debugging lalu aktifkan.
  6. Masuk ke mode unduh

Maka Anda harus masuk ke mode unduh. Cara masuk ke download mode Samsung Galaxy J5 Prime sebagai berikut.

  1. Pertama, matikan Samsung Galaxy J5 Prime SM-G570Y Anda.
  2. Tekan dan tahan tombol home + power + volume down secara bersamaan hingga muncul layar download mode seperti gambar di bawah ini. Kemudian tekan tombol volume atas untuk masuk ke mode unduh.
  3. Flash CF-AutoRoot melalui ODIN
Menginstal file root CF-AutoRoot Galaxy J5 Prime melalui ODIN

Untuk memulai rooting Samsung Galaxy J5 Prime SM-G570Y, Anda perlu menginstal file root CF-AutoRoot Galaxy J5 Prime SM-G570Y melalui ODIN. Anda dapat melihat langkah-langkah lengkapnya di bawah ini.

  1. Hubungkan Samsung Galaxy J5 Prime SM-G570Y Anda dalam mode unduh ke komputer menggunakan kabel USB.
  2. Unzip juga file Odin yang Anda unduh
  3. Lalu, klik kanan dan pilih “Run Administrator” untuk membuka aplikasi Odin
  4. Pastikan aplikasi Odin telah mendeteksi ponsel Samsung Galaxy J5 Prime SM-G570Y Anda. Lihat di sebelah kiri aplikasi Odin, jika muncul tulisan “Added” berarti Galaxy J5 Prime SM-G570Y sudah berhasil terkoneksi.
  5. Jika tidak, berarti Galaxy J5 Prime SM-G570Y sudah terhubung dengan baik ke komputer. Harap periksa kembali kabel USB atau driver Samsung mungkin tidak terpasang dengan benar.
  6. Ekstrak file CF-AutoRoot yang Anda unduh
  7. Kembali ke aplikasi ODIN, klik tab AP lalu cari file CF-AutoRoot
  8. Klik MULAI untuk mulai mem-flash file CF-AutoRoot
  9. Tunggu hingga selesai, ditandai dengan keterangan “PASS” di aplikasi Odin.

Cara root Samsung Galaxy J5 Prime tanpa PC

Untuk melakukan root Samsung Galaxy J5 Prime SM-G570Y tidak melalui PC, Anda memerlukan bantuan aplikasi KingRoot. Aplikasi KingRoot ini dikenal sukses dalam me-rooting banyak jenis ponsel yang sebelumnya tidak mungkin untuk di-root. Anda dapat mengunduh aplikasi KingRoot secara gratis.

  1. Untuk melakukan root menggunakan Kingroot, Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan “Sumber tidak dikenal” di Pengaturan. Caranya buka pengaturan kemudian pilih “security” lalu aktifkan “unknown sources”.
  2. Unduh aplikasi Kingroot
  3. Tunggu pengunduhan dan pemasangan aplikasi KingRoot selesai
  4. Buka aplikasi KingRoot, lalu tap START ROOT untuk memulai rooting Samsung Galaxy J5 Prime SM-G570Y tanpa menggunakan PC
  5. Tunggu proses rooting selesai

Di atas adalah berbagai cara yang dapat dilakukan untuk rooting Samsung Galaxy J5 Prime. Pastikan sebelum merooting ponsel, Anda sudah terlebih dahulu mencadangkan data penting di ponsel.

Leave a Comment